Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMIFS


Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMIFS di Microsoft Excel

jejak tutorial

Belajar Excel : Halo teman-teman jejak-tutorial.com semoga tetap semangat menjalankan rutinitas hariannya, sebelumnya kita telah membahas pembelajaran mengenai fungsi SUMIF, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas pembelajaran mengenai fungsi SUMIFS.

Jika fungsi SUMIF digunakan untuk menambahkan nilai dalam satu rentang atau range yang memenuhi satu kriteria atau syarat yang telah kita tentukan maka berbeda dengan fungsi SUMIFS yang digunakan untuk menambahkan nilai suatu rentang atau range yang memenuhi beberapa kriteria atau syarat.

Sintaks : SUMIFS(sum_range, criteria_range1, criteria1,[criteria_range2, criteria2],....)

Biar lebih paham mengenai fungsi SUMIFS mari kita lanjut ke studi kasus berikut, teman-teman bisa mengunduh file nya di link dibawah ini :

Download Materi Fungsi SUMIFS Microsoft Excel

  • Disini kita disuguhkan sebuah tabel yang terdapat tiga data yaitu data produk, jumlah terjual, dan penjual. Pada praktiknya kita akan diminta untuk menghitung total penjualan dari orang yang bernama Alif dengan barang yang dijual harus diawali huruf B.
Belajar Fungsi SUMIFS di Microsoft Excel

  • Pada sel E4 masukkan fungsi =SUMIFS(B4:B8,A4:A8,”=B*”,C4:C8,”Alif”)
Belajar Fungsi SUMIFS di Microsoft Excel

B4:B8 merupakan sum_range yaitu rentang sel yang mana nilai didalamnya akan kita jumlahkan.

A4:A8 adalah criteria_range1 yang merupakan rentang yang akan diuji menggunakan criteria1 yaitu “=B*”.

C4:C8 adalah criteria_range2 yang merupakan rentang yang akan kita uji menggunakan criteria2 yaitu “Alif”.

Tekan enter sehingga pada sel E4 akan menjumlahkan total penjualan Bahan Kimia yang dijual Alif dan didapatkan nilai 4 di sel E4.

  • Untuk sel E7 rumus dan rentangnya sama tetapi yang berbeda hanyalah criteria1 dan criteria2 nya saja, disini kita akan menjumlahkan total penjualan Bembi kecuali hotplate sehingga rumus yang kita pakai di sel E7 adalah =SUMIFS(B4:B8,A4:A8,”<>Hotplate”,C4:C8,”Bembi”) dan didapat hasil 6 karena di sel E7 cuma menjumlahkan total penjualan Gelas Kimia dan Destilator.
Belajar Fungsi SUMIFS di Microsoft Excel

  • Selesai.
Belajar Fungsi SUMIFS di Microsoft Excel

Itulah pembahasan singkat kita pada kesempatan kali ini mengenai fungsi SUMIFS jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah postingan atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan di jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share dengan teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMIFS"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih