Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMSQ


Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMSQ di Microsoft Excel

jejak tutorial

Belajar Excel : Halo teman-teman jejak-tutorial.com pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan mempelajari fungsi SUMSQ di Microsoft Excel.

Fungsi SUMSQ merupakan fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan hasil kuadrat dari sebuah argumen. Jika argumen yang di masukkan pada fungsi SUMSQ berupa array atau referensi maka hanya angka yang berada di dalam array atau referensi itu yang akan dihitung. Sintaks dari fungsi SUMSQ adalah : SUMSQ(number1, [number2], ...).

Pada tutorial kali ini teman-teman bisa mengunduh file pembelajaran fungsi SUMSQ di link berikut ini : Download file Microsoft Excel fungsi SUMSQ

Oke langsung saja kita pelajari fungsi SUMSQ di Microsoft Excel

  • Pada tabel di bawah ini kita memiliki dua data yaitu data 1 dan data 2.
Belajar Fungsi SUMSQ di Microsoft Excel

  • Pada sel D4 kita akan menghitung jumlah kuadrat dari nilai yang berada pada rentang A4:A9 sehingga masukkan fungsi =SUMSQ(A4:A9) di sel D4 dan di sel D5 kita menghitung jumlah kuadrat dari nilai yang berada pada rentang B4:B9 sehingga pada sel D5 masukkan fungsi =SUMSQ(B4:B9). Kemudian tekan enter maka akan di dapat hasil di sel D4 dan D5.
Belajar Fungsi SUMSQ di Microsoft Excel

  • Kita juga bisa menghitung nilai jumlah kuadrat secara langsung dengan memasukkan angka-angkanya ke dalam fungsi SUMSQ. Contoh disini saya akan menjumlahkan hasil kuadrat dari nilai 1, 2, 3, dan 4 maka fungsi yang digunakan adalah =SUMSQ(1,2,3,4).
Belajar Fungsi SUMSQ di Microsoft Excel

  • Jika kita ingin menjumlah hasil kuadrat dari beberapa range misalnya data 1 dan data 2 maka penulisan yang digunakan adalah =SUMSQ(A4:A9,B4:B9).
Belajar Fungsi SUMSQ di Microsoft Excel

  • Selesai.
Belajar Fungsi SUMSQ di Microsoft Excel

Demikian pembahasan singkat kita pada kesempatan kali ini mengenai fungsi SUMSQ jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah postingan atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan di jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share dengan teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMSQ"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih