Cara Membuat QR Code di Microsoft Word


Cara Membuat QR Code di Microsoft Word

jejak tutorial

Semangat pagi untuk teman-teman yang gak bosan-bosan mengunjungi blog jejak tutorial dimana blog ini merupakan media pembelajaran menggunakan tutorial-tutorial menariknya. Sebelumnya Saya sudah membahas bagaimana membuat Barcode atau kode batang di MS Word, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat QR Code di MS Word.

Baca Juga: Cara Menambahkan Header dan Footer Di Microsoft Word

Disini teman-teman pastinya sudah tahu kan mengenai QR Code. Kode QR ini sering kita jumpai di BBM Mesengger, Line, Whatsapp, dan media sosial yang lain untuk mengundang teman kita ke akun media sosial yang kita miliki, jadi tiap-tiap akun media sosial memiliki QR Code-nya masing-masing alias satu sama lain berbeda.

QR Code sendiri merupakan kode matrik atau kode 2 dimensi yang dibuat pertama kali oleh perusahaan jepang yang namanya Denso Wave pada tahun 1994, Nah di QR Code ini memuat didalamnya sebuah informasi seperti alamat URL, nomor telepon dan teks terkait suatu produk sebagai tambahan dari produk tersebut.

Semakin hari dunia ini semakin canggih begitupun untuk membuat QR Code teman-teman tidak perlu susah payah lagi karena sekarang sudah ada aplikasi untuk membuat QR Code di smartphone, dari MS Excel teman-teman juga bisa membuat QR Code ini tapi pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat kode QR di MS Word, jadi sudah tahu kan banyak sekali kegunaan dari MS Word yang teman-teman miliki jadi jangan sampai ketinggalan teknologi karena kemajuan teknologi itu adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari, hehe.

Oke langsung saja untuk memulai pembuatan QR Code ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama teman-teman harus mengunduh file add-in QR4Office, disini teman-teman harus memiliki koneksi internet untuk terhubung ke situs resminya setelah di unduh instal di MS Word teman-teman, untuk mengunduhnya klik disini.
  • Setelah Add-in tersebut di unduh dan di pasang di MS Word, sekarang teman-teman klik menu Insert > My Add-ins > QR4Office.
jejak tutorial

  • Kemudian pilih http atau https dan masukkan alamat website teman-teman untuk digunakan sebagai pengindentifikasi kode QR yang teman-teman buat.
  • Disini teman-teman bisa memilih warna apapun untuk QR Code yang ingin dibuat.
  • Langkah selanjutnya adalah klik insert maka secara otomatis QR Code yang dibuat tadi akan terpampang di lembar kerja MS Word teman-teman.
jejak tutorial

  • Kemudian simpan QR code dengan format photo seperti JPG/PNG dengan cara arahkan kursor terlebih dahulu pada QR Code kemudian klik kanan > Save As Picture.
jejak tutorial

  • Selesai Kode QR yang teman-teman buat sekarang telah jadi dan siap di gunakan.
jejak tutorial

Demikian tutorial kita pada kesempatan kali ini jika teman-teman ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar di bawah postingan atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan di jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share dengan teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan tutorial-tutorial menarik lainnya.

Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Membuat QR Code di Microsoft Word"

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih