Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMPRODUCT


Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMPRODUCT di Microsoft Excel

Belajar Fungsi SUMPRODUCT di Microsoft Excel

Belajar Excel : Halo teman-teman jejak-tutorial.com semoga tetap setia mengunjungi blog ini sebagai sarana belajar Microsoft Excel. Pada pembelajaran sebelumnya kita telah membahas fungsi SUMIF, SUMIFS, dan SUMSQ, nah pada pembelajaran ini kita masih berkutat di jenis fungsi SUM yaitu SUMPRODUCT.

SUMPRODUCT berfungsi untuk mengalikan angka-angka yang terkait dalam suatu data atau array yang telah diberikan kemudian menjumlahkannya dari setiap hasil kali angka-angka tersebut jadi secara sederhananya SUMPRODUCT berfungsi untuk mengalikan lalu menjumlahkan hasil kalinya.

Sintaks :

SUMPRODUCT(array1, [array2], [array3], ...)

Dimensi data atau array harus memiliki dimensi yang sama misalnya 3x3, 4x4, dan seterusnya dan jika tidak demikian seperti 3x2, 4x3, maka hasil yang akan dikeluarkan oleh fungsi SUMPRODUCT berupa nilai kesalahan yaitu #VALUE!.

Untuk lebih memahami fungsi SUMPRODUCT mari lihat penjelasan di bawah ini teman-teman bisa mendownload filenya di link berikut :

File Fungsi SUMPRODUCT Microsoft Excel

  • Pada tabel di bawah ini kita diberikan sebuah tabel yang berisikan dua data atau array. Disini kita akan melihat bagaimana fungsi SUMPRODUCT bekerja.
Belajar Fungsi SUMPRODUCT di Microsoft Excel

  • Pada sel kosong masukkan fungsi =SUMPRODUCT(A4:B6,C4:D6).
Belajar Fungsi SUMPRODUCT di Microsoft Excel

Disini SUMPRODUCT akan menghitung hasil jumlah dari ([4x8] + [1x7] + [2x5] + [3x6] + [5x9] + [6x2]) sehingga didapatkan hasil sebesar 124. Jika salah satu angka diubah menjadi huruf misal angka 2 diubah menjadi huruf A atau yang lainnya yang bukan numerik maka SUMPRODUCT akan mengembalikannya ke angka 0.
  • Selesai
Belajar Fungsi SUMPRODUCT di Microsoft Excel

Demikian pembahasan singkat kita pada kesempatan kali ini mengenai fungsi SUMPRODUCT jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah postingan atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan di jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share dengan teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMPRODUCT"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih