Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMIF – Part 1


Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMIF di Microsoft Excel – Part 1

jejak tutorial

Belajar Excel : Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pembelajaran mengenai fungsi SUMIF yaitu fungsi yang digunakan untuk menambahkan atau menjumlahkan nilai dalam satu rentang atau range yang memenuhi kriteria atau syarat yang telah kita tentukan.

Note : Kriteria teks dan kriteria yang mencakup simbol logika atau matematika harus berada di dalam tanda kutip ganda tapi jika kriteria itu merupakan sel ataupun numerik maka tidak perlu menggunakan tanda kutip.

Sintaks dari fungsi SUMIF sendiri adalah SUMIF(range, criteria, [sum_range]).

Studi kasus 1 : Download Studi Kasus 1
Studi kasus 2 : Donwload Studi Kasus 2

Oke mari kita pelajari fungsi SUMIF di MS Excel teman-teman bisa mendownload materinya melalui link di atas.

#Studi kasus 1
  • Pada data di bawah ini kita akan menjumlahkan total penjualan barang yang berkategorikan furniture, perhiasan, tidak berkategori, dan barang yang berakhiran dengan huruf a.
jejak tutorial

  • Pada sel E4 masukkan rumus =SUMIF(A4:A13,”Furniture”,C4:C13).
jejak tutorial

Range A4:A13 merupakan range kategori dimana ada 2 jenis kategori yaitu furniture dan perhiasan. Range ini merupakan range untuk patokan dari kriteria yang akan kita gunakan.

Karena kita akan menjumlahkan hasil penjualan barang yang berkategorikan furniture maka kriteria yang kita pakai adalah “Furniture”.

Range C4:C13 merupakan hasil penjualan masing-masing barang dan di range tersebut juga hasil penjualan yang berkategorikan “Furniture” akan dijumlahkan di sel E4.

Kemudian tekan enter maka akan di dapatkan hasil dari total penjualan barang yang berkategorikan furniture yaitu lemari, meja, sofa, kursi, dan ranjang di sel E4.

  • Pada sel E7 masukkan fungsi =SUMIF(A4:A13,”Perhiasan”,C4:C13).
jejak tutorial

Fungsi yang kita gunakan sama persis seperti fungsi yang berada di sel E4 yang berbeda hanyalah kriterianya saja yaitu “Perhiasan” karena pada sel E4 kita akan menjumlahkan hasil penjualan yang berkategorikan Perhiasan.

Kemudian tekan enter maka akan didapatkan hasil total penjualan barang yang berkategorikan perhiasan di sel E7 yaitu, kalung, anting, gelang, dan cincin.

  • Selanjutnya untuk mencari total penjualan barang yang tidak berkategori masukkan fungsi berikut di sel E10 =SUMIF(A4:A13,””,C4:C13)
jejak tutorial

Karena barang yang tidak berkategori dibiarkan kosong maka kriteria yang kita pakai adalah “” tanpa spasi di dalamnya, kemudian tekan enter maka didapatkan hasil di sel E10 sebesar Rp200,000 karena hanya kayu yang merupakan barang yang tidak berkategori.

  • Terakhir kita akan menjumlahkan hasil penjualan barang yang berakhiran a dengan cara memasukkan fungsi =SUMIF(B4:B13,”*a”,C4:C13) di sel E13
jejak tutorial

Rentang B4:B13 merupakan rentang semua barang yang telah dijual tetapi kita hanya akan menjumlahkan barang yang berakhiran a saja sehingga menggunakan kritera “*a”.

  • Selesai
jejak tutorial


Untuk studi kasus kedua nanti kita akan sambung di Belajar Fungsi SUMIF Microsoft Excel – Part 2.

Itulah pembahasan singkat kita pada kesempatan kali ini mengenai fungsi SUMIF jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah postingan atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan di jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share dengan teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMIF – Part 1"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih