Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMIF– Part 2


Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMIF di Microsoft Excel – Part 2

jejak tutorial

Belajar Excel : Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita mengenai fungsi SUMIF yaitu fungsi yang digunakan untuk menambahkan atau menjumlahkan nilai dalam satu rentang atau range yang memenuhi kriteria atau syarat yang telah kita tentukan.

Note : Kriteria teks dan kriteria yang mencakup simbol logika atau matematika harus berada di dalam tanda kutip ganda tapi jika kriteria tersebut merupakan sel ataupun berupa numerik maka tidak perlu menggunakan tanda kutip.

Oke teman-teman yang belum sempat belajar fungsi SUMIF part 1 dibawah ini merupakan sintaks dari fungsi SUMIF dan link download untuk materi SUMIF studi kasus 1 dan studi kasus 2.

Sintaks dari fungsi SUMIF sendiri adalah SUMIF(range, criteria, [sum_range]).

Studi kasus 1 : Download Studi Kasus 1
Studi kasus 2 : Donwload Studi Kasus 2

#Studi kasus 2
  • Dibawah ini merupakan data siswa yang telah melaksakan UTS, disini para orang tua siswa akan memberikan hadiah berupa uang jika nilai anaknya mencapai nilai tertentu. Disini kita akan menghitung total hadiah nilai diatas 70, total jumlah nilai diatas 80, total hadia sama dengan 82, dan nilai diatas data yang berada di sel C4.
jejak tutorial

  • Pada sel E4 masukkan fungsi =SUMIF(A4:A13,”>70”,B4:B13).
jejak tutorial

Rentang A4:A13 merupakan rentang nilai anak-anak yang nantinya kita akan membuat kriteria pada rentang ini.

Karena kita ingin menghitung nilai diatas 70 pada rentang A4:A13 maka kriteria yang kita gunakan adalah “>70”, disini kita menggunakan tanda kutip karena pada kriteria ini kita memasukkan simbol logika atau matematika.

Rentang B4:B13 merupakan rentang yang akan kita jumlahkan sehingga jika kriteria yang kita gunakan adalah “>70” maka nilai yang masuk hitungan pada sel E4 adalah nilai 75, 77, 79, 82, 85, 88, dan 90.

Kemudian tekan enter maka akan didapatkan hasil di sel E4 sebesar Rp 512,000.

  • Pada sel E7 kita menggunakan fungsi yang berbeda pada sel E4 karena kita hanya menjumlahkan nilai yang berada diatas nilai 80 yaitu =SUMIF(A4:A13,”>80”).
jejak tutorial

Rentang sel A4:A13 merupakan rentang sel nilai yang akan kita jumlahkan.

Kriteria yang kita pakai adalah “>80” karena kita akan menjumlahkan nilai diatas 80 saja, dan pada [sum_range] kita tidak isi karena disini kita tidak menghitung jumlah hadiah melainkan menjumlahkan nilainya saja, kemudian tekan enter maka akan di dapatkan hasil penjumlahan (82 + 85 + 88 + 90) di sel E7 sebesar 345.

  • Di sel E7 masukkan fungsi =SUMIF(A4:A13,82,B4:B13)
jejak tutorial

Fungsi pada sel E7 ini sama persis dengan fungsi di sel E4 yang berbeda hanya kriteria nya saja yang menggunakan 82 karena kita akan menghitung total hadiah yang didapatkan oleh anak yang nilainya tepat 82.

Kriteria yang kita gunakan tidak memakai tanda kutip karena kriteria di sel E10 tidak memakai simbol logika atau matematika sehingga cukup 82 saja.

Tekan enter maka didapatkan hasil di sel E10 sebesar Rp 72,000 karena pada data nilai cuma ada satu nilai yang tepat 82.

  • Pada sel E13 kita akan menghitung total hadiah nilai yang berada di atas data C4 maka masukkan fungsi =SUMIF(A4:A13,”>” & C4,B4:B13).
jejak tutorial

Fungsi ini sama juga seperti di sel E4 dan sel E10 yang berbeda hanya kriterianya saja yang menggunakan “>” & C4. Lihat kriterianya pada simbol logika atau matematika tetap di apit oleh tanda kutip ganda sedangkan & C4 tidak diapit tanda ganda karena bukan merupakan simbol matematika ataupun logika.

Kemudian tekan enter maka akan di dapatkan hasil jumlah dari nilai 88 dan 90 yaitu Rp 164,000.

  • Selesai
jejak tutorial

Itulah pembahasan singkat kita pada kesempatan kali ini mengenai fungsi SUMIF jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah postingan atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan di jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share dengan teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMIF– Part 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih