Belajar Excel : Belajar Fungsi OR


Belajar Excel : Belajar Fungsi OR di Microsoft Excel

Belajar Fungsi OR di Microsoft Excel

Belajar Excel : Hai teman-teman jejak-tutorial.com semoga aktivitasnya pada hari ini semuanya lancar tanpa hambatan hehe, oh iya kemarin kita telah membahas kegunaan fungsi AND nah untuk kesempatan kali ini kita masih akan membahas fungsi logika yaitu fungsi OR di Microsoft Excel.

Fungsi OR sama seperti fungsi AND yang lebih banyak digunakan untuk memperluas kegunaan fungsi-fungsi lain seperti fungsi IF untuk menjadi argumen logical_tes.

Fungsi OR akan bernilai BENAR/TRUE jika satu dari kondisi/argumen/pernyataan-nya bernilai BENAR/TRUE dan jika semua dari pernyataan tersebut SALAH/FALSE maka fungsi OR akan memberikan nilai SALAH/FALSE.

Sintaks :
OR(logika1, [logika2])

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas penerapan fungsi OR tapi masih ditemani oleh fungsi IF seperti penerapan fungsi AND pada pembelajaran sebelumnya, teman-teman bisa mengunduh file fungsi OR di link berikut ini :

File Fungsi IF-OR di Microsoft Excel

  • Pada tabel di bawah ini kita diminta untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima komisi dengan ketentuan “Total penjualan harus lebih besar atau sama dengan target penjualan ATAU pembeli harus lebih besar atau sama dengan target pembeli untuk memperoleh KOMISI”, sehingga jika salah satu antara dua argumen tersebut tidak terpenuhi maka karyawan tetap berhak mendapatkan komisi.
Belajar Fungsi OR di Microsoft Excel

  • Pada sel D13 masukkan fungsi =IF(OR(B13>=$B$5,C13>=$B$6),B13*$B$7,0)
Belajar Fungsi OR di Microsoft Excel

Fungsi diatas dapat kita baca, JIKA B13 lebih besar atau sama dengan B5 ATAU C13 lebih besar atau sama dengan B6, MAKA B13*B7, JIKA semua pernyataan tersebut tidak terpenuhi MAKA 0.

Karena Total penjualan dan Total pembeli dari Barry Ihsan memenuhi dua kriteria tersebut maka hasil dari fungsi di sel D13 bernilai benar, walaupun cuma salah satu saja dari dua kriteria tersebut yang terpenuhi maka Barry Ihsan tetap akan mendapatkan komisi.

  • Sehingga fungsi di sel D13 akan menghitung nilai dari B13*B7 yaitu Rp210,000
Belajar Fungsi OR di Microsoft Excel

  • Selesai
Belajar Fungsi OR di Microsoft Excel

Demikian pembahasan singkat kita pada pembelajaran kali ini mengenai fungsi OR jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah artikel ini atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan kita jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share ke teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi OR"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih