Belajar Excel : Belajar Fungsi AND


Belajar Excel : Belajar Fungsi AND di Microsoft Excel

Belajar Fungsi AND di Microsoft Excel

Belajar Excel : Hai teman-teman jejak-tutorial.com, pada postingan pembelajaran sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara menggunakan fungsi logika yaitu fungsi IF, nah pada kesempatan kali kita masih akan membahas fungsi logika yaitu fungsi AND di Microsoft Excel.

Seperti halnya pelajaran matematika logika di SMA, fungsi AND sama seperti pernyataan konjungsi, yang berbeda hanya cakupan fungsi AND di Ms. Excel lebih luas lagi dalam penerapannya.

Fungsi AND akan bernilai BENAR/TRUE jika semua kondisi/argumen/pernyataan-nya bernilai BENAR/TRUE dan jika salah satu atau beberapa dari pernyataan tersebut SALAH/FALSE maka fungsi AND akan memberikan nilai SALAH/FALSE.

Fungsi AND lebih banyak digunakan untuk memperluas kegunaan fungsi-fungsi lain seperti fungsi IF untuk menjadi argumen logical_tes.

Sintaks :
AND(logika1, [logika2])

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas penerapan fungsi AND ditemani oleh fungsi IF, sebelum kita lanjut teman-teman bisa mengunduh file fungsi AND di link berikut ini :

File Fungsi IF-AND di Microsoft Excel

  • Pada tabel di bawah ini kita akan menentukan siapa saja yang berhak menerima bonus dengan ketentuan “Total penjualan harus lebih besar atau sama dengan target penjualan DAN pembeli harus lebih besar atau sama dengan target pembeli untuk memperoleh BONUS”, sehingga jika salah satu antara dua argumen tersebut tidak terpenuhi maka karyawan tidak berhak mendapatkan bonus.
Belajar Fungsi AND di Microsoft Excel

  • Pada sel D13 masukkan fungsi =IF(AND(B13>=$B$5,C13>=$B$6),B13*$B$9,0)
Belajar Fungsi AND di Microsoft Excel

Fungsi diatas dapat kita baca, "JIKA B13 lebih besar atau sama dengan B5 DAN C13 lebih besar atau sama dengan B6, MAKA B13*B9, JIKA salah satu dari dua pernyataan tersebut tidak terpenuhi MAKA 0".

Karena Total penjualan dan Total pembeli dari Barry Ihsan memenuhi dua kriteria tersebut maka hasil dari fungsi di sel D13 bernilai benar.

  • Sehingga fungsi di sel D13 akan menghitung nilai dari B13*B9 yaitu Rp157,500
Belajar Fungsi AND di Microsoft Excel

  • Tarik kebawah fungsi di sel D13 kebawahnya, maka akan didapat hasil keseluruhan. Jika teman-teman tidak menambahkan tanda dollar pada B5 dan B6 maka pada saat sel D13 di tarik kebawah B5 akan berubah menjadi B6 dan B6 berubah menjadi B7, fungsi ditambahkannya tanda dollar adalah untuk mengunci sel B5 dan B6.
Belajar Fungsi AND di Microsoft Excel

Demikian pembahasan singkat kita pada pembelajaran kali ini mengenai fungsi AND jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah artikel ini atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan kita jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share ke teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi AND"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih