Belajar Excel : Belajar Fungsi NOT


Belajar Excel : Belajar Fungsi NOT di Microsoft Excel

Belajar Fungsi NOT di Microsoft Excel

Belajar Excel : Hallo teman-teman jejak-tutorial.com semoga rutinitasnya pada hari ini semuanya lancar tanpa halangan hehe, oh iya kemarin kita telah membahas kegunaan fungsi OR nah untuk kesempatan kali ini kita masih akan membahas fungsi logika yaitu fungsi NOT di Microsoft Excel.

Kalo di pelajaran logika waktu SMA fungsi NOT sama seperti Negasi atau Ingkaran. Fungsi NOT kegunaannya sama juga seperti fungsi AND dan fungsi OR, yaitu untuk memperluas kinerja dari fungsi lain yang sedang menjalankan pengujian logika seperti fungsi IF, sehingga fungsi NOT ini lebih efektif bila di pasangkan dengan fungsi IF, yang paling sering di kompilasikan adalah fungsi IF-AND-NOT atau IF-OR-NOT, disini fungsi NOT bertindak sebagai logical_test.

Sintaks : NOT(logika)

Jika logika di dalam fungsi NOT bernilai TRUE maka fungsi NOT akan mengeluarkan hasil FALSE dan sebaliknya jika logika di dalam fungsi NOT bernilai FALSE, fungsi NOT akan mengeluarkan hasil TRUE, karena seperti yang saya bilang diatas tadi kalo fungsi NOT seperti Negasi/Ingkaran.

Itu mungkin sedikit penjelasan mengenai fungsi NOT secara teori untuk penerapannya teman-teman bisa baca penjelasannya dibawah ini, sebelum itu teman-teman terlebih dahulu mengunduh file belajar fungsi NOT di Microsoft Excel pada link di bawah ini :

File Belajar Fungsi NOT Ms. Excel

  • Pada tabel di bawah ini kita diminta untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima Bonus dengan ketentuan “Total penjualan TIDAK kurang dari target penjualan DAN pembeli TIDAK kurang dari target pembeli untuk memperoleh BONUS”, sehingga jika salah satu antara dua argumen tersebut tidak terpenuhi maka karyawan tidak berhak mendapatkan bonus.
Belajar Fungsi NOT di Microsoft Excel

  • Pada sel D13 masukkan fungsi =IF(AND(NOT(B13<$B$5),NOT(C13<$B$6)),B13*$B$9,0)
Belajar Fungsi NOT di Microsoft Excel

Fungsi diatas dapat kita baca, JIKA B13 TIDAK lebih kecil daripada B5 DAN C13 TIDAK lebih kecil daripada B6, MAKA B13*B9, JIKA salah satu pernyataan tersebut tidak terpenuhi MAKA 0.

Karena Total penjualan dan Total pembeli dari Barry Ihsan memenuhi dua kriteria tersebut maka hasil dari fungsi di sel D13 bernilai benar, jika salah satu dari dua kriteria tersebut tidak terpenuhi maka Barry Ihsan tidak berhak mendapatkan bonus.

  • Fungsi IF pada sel D13 akan menghitung nilai dari B13*B9 sehingga didapatkan hasil di sel D13 sebesar Rp157,500
Belajar Fungsi NOT di Microsoft Excel

  • Selesai
Belajar Fungsi NOT di Microsoft Excel

Demikian pembahasan singkat kita pada pembelajaran kali ini mengenai fungsi NOT jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah artikel ini atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan kita jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share ke teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi NOT"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih