Cara Membuat Teks Drop Cap Di Microsoft Word


Cara Membuat Teks Drop Cap Di Microsoft Word

jejak tutorial

Semangat pagi buat teman-teman yang masih setia mengunjungi blog jejak-tutorial.com. Sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara membuat daftar pustaka di Microsoft Word, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat teks drop cap di Microsoft Word.

Teman-teman mungkin tidak asing dengan gaya penulisan drop cap yang sering kita lihat di buku dan di media massa seperti majalah, koran, tabloid, dan lain sebagainya. Secara sederahana drop cap dapat diartikan sebagai perbesaran font huruf pada huruf pertama saja di awal paragraf.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word

Di Microsoft Word kita tidak bisa mengatur drop cap secara manual dengan memperbesar huruf pertama dari sebuah paragraf, karena sudah pasti teks drop cap tidak akan jadi malahan akan terlihat jelek, kalau teman-teman tidak percaya coba saja sendiri hehe. Untuk membuat teks drop cap teman-teman harus memiliki file word terlebih dahulu jika teman-teman mengaturnya di halaman kosong maka pengaturan drop cap otomatis dinonaktifkan.

Oke langsung saja kita ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Buka file word teman-teman yang berekstensi .doc atau .docx
  • Klik menu Insert
jejak tutorial

  • Arahkan terlebih dahulu mouse di huruf pertama paragraf
  • Pada grup Text klik Drop Cap > Dropped
jejak tutorial

  • Selesai, maka teks drop cap akan di tampilkan di lembar kerja kita hehe mudah bukan.
jejak tutorial

Jika teman-teman ingin mengurungkan drop cap klik saja None maka teks drop cap akan hilang, untuk pengaturan yang lebih lanjut klik saja Drop Cap Option… maka nanti akan muncul sebuah kotak Drop Cap, disini teman-teman bisa mengatur Font, Lines to Drop, dan Distance from text.

Itulah tutorial kita pada kesempatan kali ini, jika teman-teman ingin bertanya mengenai office silahkan bekomentar di postingan ini atau hubungi lewat Contact Us, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Cara Membuat Teks Drop Cap Di Microsoft Word"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih