Cara Membuat Garis Ganda (Double Line) KOP Surat di Microsoft Word


Cara Membuat Garis Ganda (Double Line) KOP Surat di Microsoft Word

jejak tutorial

Teman-teman sekalian sudah pasti pernah membaca sebuah surat bukan, nah jika kita perhatikan di atas surat tersebut ada sebuah KOP surat yang isinya nama lembaga, logo lembaga atau perusahaan, nomor telepon, alamat email, alamat jalan, dan lain-lain. KOP surat hanya digunakan untuk surat resmi jadi jika sebuah surat tidak memiliki KOP maka surat tersebut bukan merupakan surat resmi.

Baca Juga :Cara mengubah file word ke file PDF di Microsoft Word 2016

Biasanya, para siswa maupun mahasiswa yang ikut kegiatan organisasi di sekolah maupun UKM di lingkungan perkuliahan memiliki hubungan yang erat sekali mengenai hal surat menyurat, apalagi jika UKM kita ingin mengadakan sebuah acara tentunya memerlukan pengetahuan lebih tentang bermacam-macam surat resmi yang memiliki KOP, baik itu untuk proposal kegiatan acara, surat undangan keluar kampus atau sekolah maupun surat proposal sponsor yang diajukan ke perusahan-perusahaan.

Baca Juga :Cara Membuat Teks Berkolom di Microsoft Word 2016

Surat resmi biasanya dikeluarkan oleh instansi-instansi pemerintahan, pendidikan, organisasi, dan sebagainya yang sudah legal tentunya. Pada KOP surat resmi kita akan melihat sebuah garis ganda yang terletak di bawah KOP surat, teman-teman sekalian bisa saja membuat garis ganda tersebut menggunakan menu Shape yang terdapat dalam menu insert tapi cara tersebut sudah kuno, membosankan, banyak membuang waktu, dan hasilnya pun tidak begitu rapi.

Baca Juga :Cara Mudah Mencari Kata di Microsoft Word 2016

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat garis ganda atau double line untuk KOP surat secara otomatis di Microsoft Word tanpa ribet-ribet menggunakan shape. OK, tak perlu banyak retorika lagi hehe, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Buat KOP surat di header lembar kerja Microsoft Word
jejak tutorial

  • Seleksi bagian terakhir KOP surat setelah itu di menu Home klik Border > Borders and Shading … 
jejak tutorial
  • Maka akan tampil sebuah kotak Borders and Shading, Nah di menu inilah kita akan mengatur double line KOP surat Pada menu Borders pilih Custom untuk mengatur double line, setelah itu pada tampilan atau Preview klik bagian yang telah saya conteng seperti yang terlihat pada gambar maka double line KOP surat hanya akan berada di bawah KOP surat nya saja. Atur terlebih dahulu untuk Apply to : Paragraph kemudian klik OK.
jejak tutorial

  • Selesai, Garis ganda untuk KOP surat telah jadi secara otomatis.
jejak tutorial

Itulah tutorial kita pada kesempatan kali ini, jangan lupa share ke teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Cara Membuat Garis Ganda (Double Line) KOP Surat di Microsoft Word"

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih