Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word


Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word

jejak tutorial

Daftar isi merupakan bagian terpenting dalam sebuah buku, fungsi dari daftar isi itu sendiri adalah untuk memudahkan para pembaca mencari halaman-halaman yang ingin di cari. Isi dari Daftar isi itu sendiri yaitu daftar-daftar judul dan sub-judul yang terdapat di dalam buku.

Baca juga :Cara Mudah Mencari Kata di Microsoft Word 2016

Sebagian dari teman-teman mungkin pernah mendapatkan tugas untuk membuat sebuah makalah atau sebagainya bukan, otomatis teman-teman harus membuat daftar isi dari makalah tersebut, jika daftar isi tersebut di buat secara manual di Microsoft Word maka akan sangat sulit sekali dan kemungkinan pada beberapa kondisi daftar isi tersebut dapat berubah.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tutorial membuat daftar isi dengan tools yang disediakan di Microsoft Word, jadi teman-teman tidak usah payah lagi untuk membuat daftar isi secara manual dengan mengetik titik-titik hehe dan hasilnya pun akan sangat rapi sekali, apalagi jika teman-teman sering mendapatkan tugas makalah dari dosen atau guru maka tutorial berikut harus benar-benar dapat dikuasai dengan baik.

Baca juga :Cara Mengubah Kata Sekaligus di Microsoft Word 2016

Untuk membuat daftar isi, teman-teman tidak harus memiliki dokumen yang ingin kita buat daftar isinya seperti makalah atau dokumen-dokumen yang lain karena kita akan membuat daftar isi secara terpisah atau cuma sekedar teknis pembuatannya saja. Oke langsung kita mulai langkah-langkahnya :
  • Teman-teman terlebih dahulu mengetikkan judul dan sub-judul dari sebuah buku atau makalah yang teman-teman miliki seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

jejak tutorial

  • “Peningkatan Mutu Produksi” adalah judul dan empat judul di bawahnya merupakan sub-judul dari “Peningkatan Mutu Produksi”, setelah itu seleksi judul “Peningkatan Mutu Produksi” pada gambar diatas telah saya seleksi.
  • Setelah itu pada menu Home beri style Heading 1, maka judul “Peningkatan Mutu Produksi” akan berubah style seperti telihat pada gambar di bawah.

jejak tutorial

  • Kemudian Seleksi empat judul di bawahnya

jejak tutorial

  • Pada sub-judul beri style heading 2 maka ke-empat sub-judul akan berubah style seperti judulnya cuma pada heading 2 font nya terlihat lebih kecil.

jejak tutorial
  • Lakukan langkah tersebut hingga semua judul dan sub-judul diberi style heading 1 dan heading 2. Kemudian mouse diarahkan pada list daftar isi (jangan di seleksi) klik menu References > Table of Contents > Built-In > Automatic Table 1 , maka daftar isi secara otomatis akan di tampilkan di lembar kerja Microsoft Word.

jejak tutorial

jejak tutorial
  • Hapus Contents dan edit nomor-nomor halaman daftar isi

jejak tutorial
  • Untuk catatan, jika teman-teman tidak memberikan style pada judul dan sub-judul maka kita tidak bisa membuat daftar isi secara otomatis jadi suatu kewajiban untuk memberi style pada judul dan sub-judul.

jejak tutorial

Itulah tutorial kita pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word"

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih