Cara Membuat Barcode di MS Word


Cara Membuat Barcode di MS Word

jejak tutorial

Semangat pagi teman-teman yang masih tetap semangat belajar Microsoft Office terutama Microsoft Word. Pada kesempatan yang penuh berkah ini jejak tutorial akan membahas bagaimana cara membuat barcode di MS Word.

Baca Juga :Cara Menyisipkan Dokumen Ke Dokumen Lain Di MS Word

Sebelumnya saya ingin membahas terlebih dahulu apa itu yang dinamakan dengan barcode. Mungkin teman-teman disini sudah tahu sedikit mengenai barcode atau kode batang bukan, ya barcode atau kode batang biasanya terletak atau terpampang di setiap kemasan-kemasan produk yang di jual di toko, mini market, atau pasar swalayan baik itu berupa produk makanan, minuman, peralatan mandi, peralatan cuci ataupun peralatan elektronik.

Baca Juga :Cara Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word

Barcode atau kode batang sesuai dengan namanya berbentuk garis-garis lurus vertikal tebal dan tipis berfungsi untuk mengenali suatu produk sehingga di pasar-pasar modern yang telah menerapkan sistem komputerisasi biasanya untuk melakukan proses perhitungan transaksi, kasir akan menggunakan alat barcode scanner untuk mengetahui jenis produk dan jumlah harga yang harus dibayar oleh pembeli.

Baca Juga :Cara Mengaktifkan Atau Menonaktifkan Text Boundaries

Sebenarnya penerapan barcode tidak hanya untuk produk yang dijual saja, barcode juga bisa digunakan untuk memvalidasi absen otomatis dengan cara menggunakan scanner pada barcode yang diletakkan di kartu perpus, kartu karyawan, atau kartu mahasiswa.

Oke mungkin itu sekilas mengenai pengertian barcode, untuk membuat barcode di MS word, teman-teman langsung ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Teman-teman terlebih dahulu harus mengunduh file font barcode-nya disini saya menggunakan font Free 3 of 9 Extended, teman-teman bisa mengunduhnya di link resminya klik disini.
  • Kemudian setelah teman-teman mengunduh file font nya sekarang kita install di komputer kita caranya sangat mudah ekstrak file zip atau rar tersebut kemudian double klik file font yang telah di unduh.
jejak tutorial

  • Selanjutnya klik install maka secara otomatis file font akan terinstal dengan sendiri nya di komputer atau laptop teman-teman.
jejak tutorial

  • Terakhir buat sebuah angka di MS word kemudian seleksi dan pilih font free 3 of 9 Extended maka angka akan berubah menjadi kode batang di MS word.
jejak tutorial

Itulah tutorial singkat kita pada kesempatan kali ini jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah postingan atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan di jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share dengan teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan tutorial-tutorial menarik lainnya.

Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Membuat Barcode di MS Word"

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih