Belajar Microsoft Access - Pengenalan


Belajar Microsoft Access - [Part 0] Pengenalan

jejak tutorial 

Belajar Microsoft Access - Semangat pagi teman-teman jejak-tutorial.com kali ini kita akan membahas software paling populer untuk membuat aplikasi database yaitu Microsoft Access. Pada saat teman-teman menginstal Microsoft Office maka Microsoft Access secara default akan terinstal bersama Microsfoft Word, Excel, PowerPoint, dan Publisher.

Jika teman-teman ingin membuat aplikasi database sederhana yang relatif singkat pengerjaannya maka MS Access merupakan software pilihan yang sangat tepat untuk pembuatan aplikasi kasir di rumah makan atau aplikasi penjualan untuk toko.

Di MS Access ada beberapa bagian atau tool yang menunjang pembuatan aplikasi database yaitu :

  • Table, digunakan untuk menyimpan data
  • Query, dgunakan untuk mendesain data
  • Form, digunakan untuk interface aplikasi biasanya untuk menambahkan, menghapus, melihat, data mencetak data.
  • Report, digunakan untuk membuat laporan dari hasil yang di input di form.
  • Macro, digunakan untuk melakukan beberapa fungsi sekaligus.
  • Switchboard, digunakan sebagai tempat form dan report yang telah di buat.

6 komponen diatas sangat mudah untuk dipelajari di jejak-tutorial.com, teman-teman tinggal tanamkan semangat untuk belajar MS Access saja. Ekstensi untuk file MS Access sendiri adalah .mde untuk versi 2003, .accdb untuk versi 2007 sampai sekarang, dan .accde merupakan ekstensi file MS access yang sudah rampung sehingga pada saat file MS Access di simpan dengan ekstensi .accde maka file tersebut tidak bisa untuk di edit lagi.

Saya berharap teman-teman setelah membaca artikel dari part 0 ini sampai part terakhir akan mampu membuat sebuah aplikasi di MS Access dan aplikasi tersebut dapat berguna bagi teman-teman sekalian.

Mungkin hanya itu saja sekilas pengenalan mengenai MS Access, jika teman-teman ada yang ingin ditanyakan mengenai MS Access silahkan bertanya di kolom komentar atau di menu navigasi contact us nanti akan saya balas lewat e-mail.

Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Microsoft Access - Pengenalan"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih