Cara Menghitung Jumlah Kata dan Karakter di Microsoft Word


Cara Menghitung Jumlah Kata dan Karakter di Microsoft Word

jejak tutorial

Sebelum saya menjelaskan tutorial bagaimana cara menghitung jumlah kata dan karakter di Microsoft Word, saya ingin bertanya kepada teman-teman sekalian, siapa yang pernah menghitung jumlah kata atau karakter yang terdapat dalam sebuah bacaan ? terserah mau bacaan seperti apa, mau itu berupa buku, majalah, koran, atau postingan di blog jejak-tutorial hehe, saya rasa teman-teman belum pernah menghitung jumlah kata atau karakter dari bacaan manapun soalnya hal tersebut merupakan pekerjaan orang yang gak ada kerjaan banget hehe.

Baca Juga:Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung jumlah kata dan karakter di Microsoft Word, teman-teman mungkin pernah mendapat tugas dari guru atau dosen yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk menulis sebuah artikel dengan syarat jumlah kata yang terdapat di dalam artikel tersebut harus lebih dari 500 kata atau 1000 kata, jika tugas tersebut kita buat di Microsoft Word maka untuk mengetahui jumlah kata dari artikel yang kita buat tadi sangatlah mudah.

Baca Juga:Cara Menambahkan Header dan Footer di MS Word

Bagaimana sih caranya ? Oke teman-teman tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara 1 :
  • Buka Aplikasi Microsoft Office dan bekerjalah dengan mengetikkan sesuatu yang ada di kepala teman-teman hehe, atau buka file word yang telah disimpan.
  • Lihat pojok kiri bawah bagian Microsoft Word, nah klik bagian words, maka akan tampil sebuah kotak Word Count yang isinya gak cuma jumlah kata dan karakter saja tapi ada jumlah paragraf, halaman, dan baris, pada kotak ini Word Count menghitung seluruh jumlah kata dan karakter yang terdapat di halaman.
jejak tutorial

  • Jika teman-teman ingin menghitung jumlah kata dari beberapa paragraf, tinggal seleksi saja bagiannya dan klik lagi bagian words, maka word count akan menghitung bagian yang kita seleksi saja.
jejak tutorial

Cara 2 :

  • Buka file word teman-teman
  • Pada tab menu klik Review kemudian klik Word Count pada grup proofing
jejak tutorial

Cara 3 :

Menggunakan shortcut hehe inilah cara yang paling mudah untuk menghitung jumlah kata dan karakter di MS Word (CTRL + SHIFT + G)

Baca Juga :Cara Menambahkan link di Microsoft Word 2016

Alhamdulillah selesai juga tutorial kita pada kesempatan kali ini, jika teman-teman ada yang perlu ditanyakan silahkan tanyakan di kolom komentar, sebelum teman-teman meninggalkan postingan ini share juga ke teman-teman kita yang lain biar tidak ketinggalan tutorial-tutorial menarik lainnya.

Terima Kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Cara Menghitung Jumlah Kata dan Karakter di Microsoft Word"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih