Belajar Excel : Belajar Fungsi AVERAGE


Belajar Excel : Belajar Fungsi Average di Microsoft Excel

jejak tutorial

Belajar Excel : Mungkin teman-teman sudah tidak asing lagi dengan fungsi yang satu ini di excel yaitu fungsi AVERAGE yang kegunaannya diperlukan di dalam perhitungan statistik. Fungsi AVERAGE pada Microsoft Excel 2016 merupakan fungsi yang paling dasar, para pemula harus terlebih dahulu menguasai fungsi ini sebelum melanjutkan ke fungsi-fungsi yang lain.

Fungsi AVERAGE digunakan untuk mencari suatu nilai atau harga rata-rata dari suatu data. Di dalam Microsoft Excel fungsi average di kelompokkan ke dalam kategori fungsi statistik. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan fungsi average di Microsoft Excel 2016. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Siapkan terlebih dahulu sebuah data untuk dicari nilai rata-ratanya atau download filenya link nya sudah di sediakan

Link : Download file MS Excel Fungsi Average

jejak tutorial

2. Buat sebuah tabel lagi di cell G3 yang dinamakan “rata-rata” untuk memasukkan nilai rata-rata siswa.

jejak tutorial. 

3. Masukkan Fungsi average di cell G4 =AVERAGE(C4:F4)

jejak tutorial. 

4. Klik Enter, maka hasil rata-rata dari cell C4 sampai cell F4 akan di tampilan di cell G4

jejak tutorial. 

5. Untuk menyalin fungsi di cell G4 ke baris dan kolom lain yang berada di bawahnya, drag atau seret titik kecil yang ada di bagian sudut kiri ke bawah cell G4.

jejak tutorial.

Sebenarnya untuk mencari rata-rata suatu nilai kita hanya menjumlahkan semua nilai di dalam data tersebut dan membaginya dengan banyak data tetapi cara itu sangat konvensial di excel karena di excel sendiri telah di sediakan sebuah fungsi untuk mencari nilai rata-rata yaitu fungsi AVERAGE yang telah kita bahas di atas tadi.

Fungsi yang sejenis dengan fungsi AVERAGE adalah fungsi AVERAGEA, AVERAGEIF dan AVERAGEIFS yang nantinya kita akan bahas di kesempatan yang lain. Itulah pembelajaran kita pada kesempatan kali ini, share ke teman-teman kita yang lain untuk menebar kebermanfaatan.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi AVERAGE"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih