Belajar Excel : Belajar Fungsi LEFT


Belajar Excel : Belajar Fungsi Left di Microsoft Excel


Belajar Excel : Belajar Fungsi LEFT

Belajar Excel : Halo teman-teman jejak-tutorial.com semoga semuanya tetap semangat ya menjalankan tugas-tugas kuliahnya atau sekolahnya, sekarang ini Saya juga sedang menjalankan Kerja Praktik di PT Semen Baturaja (Persero) selama 3 bulan sehingga selama 3 minggu ini belum fokus untuk blogging tapi untuk kali ini Saya sempatkan membuat tutorial pembelajaran mengenai fungsi LEFT di MS. Excel.

Fungsi LEFT merupakan fungsi yang termasuk ke dalam kategori fungsi TEXT. Fungsi ini berfungsi untuk mengambil jumlah karakter yang telah kita tentukan diawali dari karakter yang paling kiri.

Sintaks :
LEFT(text, [num_chars])

Mungkin itu saja sedikit penjelasan mengenai fungsi LEFT, fungsi yang sejenis dengan fungsi LEFT ini adalah fungsi RIGHT dan MID yang memiliki fungsi yang berbeda tapi prinsip kerjanya sama, ada juga fungsi LEFTB, RIGHTB, dan MIDB yang nantinya akan kita bahas di kesempatan berikutnya.

Oke mari kita simak penjelasan berikut sebelumnya teman-teman bisa mengunduh file belajar fungsi LEFT di Microsoft Excel pada link dibawah ini

File Belajar Fungsi LEFT di Microsoft Excel

  • Dibawah ini terdapat beberapa data yang akan kita gunakan untuk mengoperasikan fungsi LEFT, dari keempat data dibawah ini semuanya sama tidak ada perbedaan kecuali jumlah karakternya saja.
Belajar Excel : Belajar Fungsi LEFT

  • Pertama kita akan mencari karakter pertama dari kiri pada kata “Indonesia” maka rumus yang kita gunakan adalah =LEFT(A4), maka rumus ini akan menghasilkan sebuah nilai berupa “I”, cukup mudah bukan.
Belajar Excel : Belajar Fungsi LEFT

  • Selanjutnya kita akan mencari 3 karakter pertama dari kata “Jackline” dihitung dari karakter yang paling kiri maka rumus yag digunakan adalah =LEFT(A5,3), hasil dari rumus ini adalah “Jac”, bagaimana teman-teman sampai disini kalian semua sudah mengerti bukan tujuan dari fungsi LEFT ini.
Belajar Excel : Belajar Fungsi LEFT

  • Kemudian pada sel B6 kita mencari sembilan karakter pertama dari kata “Rosemary” yang dihitung dari karakter yang paling kiri maka rumus yang kita gunakan adalah =LEFT(A6,9) maka nilai yang akan terpampang di sel B6 adalah “Rosemary”.
Belajar Excel : Belajar Fungsi LEFT

  • Yang terakhir sama saja kita mencari 5 karakter pertama dari kata “Ilham” maka masukkan rumus pada sel B7 =LEFT(A7,5) maka hasil yang didapat adalah “Ilham”.
Belajar Excel : Belajar Fungsi LEFT

  • Selesai
Belajar Excel : Belajar Fungsi LEFT

Itulah pembahasan kita pada pembelajaran kali ini mengenai fungsi LEFT, jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah artikel ini atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan kita jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share ke teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi LEFT"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih