Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMXMY2


Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMXMY2 di Microsoft Excel

Belajar Fungsi SUMXMY2 di Microsoft Excel

Belajar Excel : Semangat pagi teman-teman jejak-tutorial.com semoga masih semangat untuk belajar Microsoft Excel di blog tercinta ini dan semoga urusan kita pada hari ini semuanya lancar, Aamiin.

Pada pembelajaran sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara penggunaan dari fungsi SUMX2MY2 dan SUMX2PY2 di Ms. Excel, nah untuk pembelajaran kali ini kita akan membahas mengenai penggunaan fungsi SUMXMY2 di Ms. Excel.

Perbedaan antara fungsi SUMXMY2 dengan fungsi SUMX2MY2 dan SUMX2PY2 terletak pada penggunaannya saja selebihnya fungsi ini sama, yaitu jumlah nilai di tiap data atau array tidak boleh berbeda dan harus sama jika tidak maka fungsi SUMXMY2 akan menampilkan nilai #N/A, serta nilai tersebut harus berbentuk angka jika tidak maka nilai tersebut akan diabaikan kecuali angka 0 maka tetap akan di masukkan dalam perhitungan.

Sintaks : SUMXMY2(array_x, array_y)

Persamaan matematis fungsi SUMXMY2 dapat ditulis: SUMXMY2 = SIGMA(X – Y)2

Biar teman-teman lebih mendalam fungsi ini mari simak penjelasan berikut, sebelumnya teman-teman bisa mendownload file belajar fungsi SUMXMY2 pada link dibawah ini :

File Belajar Fungsi SUMXMY2 Microsoft Excel

  • Pada tabel di bawah ini terdapat dua data yaitu data x dan data y yang masing-masing memiliki jumlah nilai yang sama yaitu tiga nilai. Disini kita akan melihat bagaimana cara kerja fungsi SUMXMY2.
Belajar Fungsi SUMXMY2 di Microsoft Excel

  • Pada sel D4 masukkan fungsi =SUMXMY2(A4:A6,B4:B6).
Belajar Fungsi SUMXMY2 di Microsoft Excel

A4:A6 merupakan rentang dari nilai yang dimiliki oleh data x dan B4:B6 merupakan renntang dari nilai yang dimiliki oleh data y, maka SUMXMY2 akan melakukan operasi perhitungan [(7 – 6)2 + (8 – 5)2 + (9 - 4)2] = [(1)2 + (3)2 + (5)2] = [1 + 9 + 25 ] sehingga pada sel D4 didapatkan hasil sebesar 35.
  • Selesai
Belajar Fungsi SUMXMY2 di Microsoft Excel

Demikian pembahasan singkat kita pada pembelajaran kali ini mengenai fungsi SUMXMY2 jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah artikel ini atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan kita jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share ke teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi SUMXMY2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih