Belajar Excel : Belajar Fungsi COUNT


Belajar Excel : Belajar Fungsi COUNT di Microsoft Excel

Belajar Fungsi COUNT di Microsoft Excel

Belajar Excel : Salam cinta damai untuk teman-teman semua dan semoga aktivitasnya pada hari ini lancar tanpa hambatan hehe, pada pembelajaran sebelumnya kita telah membahas fungsi AVERAGEIF, yaitu fungsi yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range berdasarkan syarat/kriteria yang telah ditentukan.

Sesuai dengan judul postingan kita, pada pembelajaran kali ini kita akan membahas fungsi COUNT di Microsoft Excel yaitu fungsi yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang didalamnya berisi angka dan menghitung angka yang terdapat dalam daftar argumen fungsi COUNT. Sel yang berisi nilai kesalahan, teks yang tidak dapat diterjemahkan menjadi angka, atau sel yang kosong maka tidak akan dihitung oleh fungsi COUNT.

Sintaks : COUNT(value1, [value2])

Mungkin itu saja sedikit penjelasan mengenai fungsi COUNT, agar kita lebih memahaminya mari kita baca penjelasannya di bawah ini sebelum itu teman-teman bisa mengunduh file belajar fungsi COUNT di Microsoft Excel pada link berikut ini :

File Belajar Fungsi COUNT di Microsoft Excel

  • Pada data dibawah ini terdapat 10 data acak berupa angka, tipe data, tanggal, dan nilai kesalahan. Disini kita akan menerapkan fungsi COUNT pada data tersebut.
Belajar Fungsi COUNT di Microsoft Excel

  • Untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka pada rentang B4:B13 masukkan fungsi =COUNT(B4:B13), maka akan didapat 5 sel yang berisi angka pada rentang tersebut.
Belajar Fungsi COUNT di Microsoft Excel

  • Selanjutnya kita akan menghitung jumlah sel yang berisi angka pada rentang B7:B10 maka masukkan fungsi =COUNT(B7:B10), sehingga akan di dapat 2 sel yang berisi angka yaitu sel B7 dan sel B9.
Belajar Fungsi COUNT di Microsoft Excel

  • Kemudian kita akan menghitung sel yang berisi angka dan angka 2 pada rentang sel B8:B12 maka masukkan rumus =COUNT(B8:B12,2) dan didapatkan hasil di sel D13 sebesar 4.
Belajar Fungsi COUNT di Microsoft Excel

  • Selesai
Belajar Fungsi COUNT di Microsoft Excel

Itulah pembahasan kita pada pembelajaran kali ini mengenai fungsi COUNT, jika teman-teman ada yang ingin ditanyankan silahkan berkomentar di bawah artikel ini atau hubungi langsung lewat contact us di menu navigasi nanti akan kita jawab via email.

Sebelum teman-teman menutup artikel ini jangan lupa ya untuk di share ke teman-teman yang lain biar tidak ketinggalan pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Belajar Excel : Belajar Fungsi COUNT"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan. Terima Kasih